DPMPTSP Kota Bima raih Opini Kualitas Tertinggi dalam Penilaian Ombudsman

Kota Bima, 16 Januari 2024.-

Penganugrahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat dilaksanakan di Aula Pemerintah Kota Bima, Selasa 16 Januari 2024. Penganugrahaan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH, Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB, Dwi Sudarsono,SH, dan OPD Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 antara lain Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Sosial, Puskesmas Mpunda dan Puskesmas Paruga. DPMPTSP Kota Bima diwakili oleh Sekretaris, H. Ahmad, S.Ag, MM. menerima Opini Kualitas Tertinggi, Kategori A, Zona Hijau dengan nilai 89,93.

Drs. H. Mukhtar, MH dalam sambutannya menyampaikan "Terima kasih kepada seluruh tim yang tangguh, khususnya kepada Disdukcapil, DPMPTSP, Dinsos, Dikpora, Puskesmas Mpunda dan Puskesmas Paruga serta Bagian Organisasi Setda Kota Bima sebagai fasilitator pembina pelayanan publik lingkup pemerintah Kota Bima,".

Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB, Dwi Sudarsono, SH menyampaikan, 8 tahun terakhir Ombudsman melakukan penilaian kepatutan pelayanan publik yang meliputi 5 dimensi, pertama kompetensi penyelenggara, kedua, proses mekanisme prosedur pelayanan, ketiga, ketersediaan sarana dan prasarana, keempat, persepsi masyarakat terhadap layanan pemerintah, dan kelima, penerimaan pengaduan masyarakat.

Sudarsono menjelaskan, secara akumulasi Pemerintah Kota Bima memperoleh poin sebanyak 85,90 Kategori B, Opini Tinggi :

  1. Dinas Kesehatan 63,83
  2. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga 86,07 kategori B
  3. Dinas Sosial 87,46 kategori B
  4. DPMPTSP 89,93 Kategori A, Kualitas Tertinggi
  5. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 90,01 Kategori A, Kualitas Tertinggi
  6. PKM Mpunda 91,97 Kategori A, Kualitas Tertinggi
  7. PKM Paruga 92,02 Kategori A, Kualitas Tertinggi.